Friday, August 6, 2010

mimpi

Ini adalah postingan pertama saya di blog yang bisa dikunjungi publik ramai. hihihi.
Hasil perenungan kemarin malam, plus apa yang didapat dari Tuhan selama ini.

Mimpi.. kalo disuruh bahas hal yang satu ini banyak banget yang saya dapet dari proses Dia berbicara, memberikan impresi, atau memberi gambaran. Dan sampai hari ini, saya masih sering bertanya di manakah benang merahnya dari semua mimpi yang pernah Dia berikan untuk saya. Hmm, di mana yah Tuhan?

Okay, yang pertama adalah bangsa-bangsa.
Gimana dapetin mimpi yang ini? Saya ingat dengan jelas, waktu masih KEGA dulu, seorang kakak pembina meminta saya untuk berdoa bwat bangsa-bangsa. Dan ga tau kenapa, saya yang terkenal ga suka di suruh maju ke depan dan disuruh ngomong, menyanggupi permintaannya. Saya berdoa dengan kata-kata yang terbatas, seperti selayaknya seorang anak berkata-kata. Saya ga ingat apa yang saya doakan waktu itu, saya juga ga ingat saya berdoa untuk bangsa apa. Tapi satu hal yang saya ingat, pengalam berdoa inilah yang sempat muncul di hati saya selama beberapa tahun setelah saya berdoa untuk bangsa-bangsa.

Simple yah? Well, saya sering kali diingatkan tentang bangsa-bangsa. Berdoa untuk bangsa-bangsa, tanpa mengetahui dengan cara bagaimana Tuhan mau pakai saya kelak.
Saya masih bisa merasakan, belas kasihanNya atas bangsa-bangsa yang umat-umatNya justru menjauh dari Dia.

Pertama-tama, Tuhan pernah mengerakan hati ini untuk berdoa bwat Cina dan Jepang. Meskipun pada waktu itu saya ga pernah kesana, dan hanya mendengar atau membaca berita tentang negara-negara tersebut, tetapi saat itu saya benar-benar sayang sama kedua bangsa yang Tuhan taruh di hati ini. Lalu menyusul, Vietnam, saya ingat betul pernah menuliskan nama "Vietnam" sebagai negara yang akan saya doakan selama setahun. Walaupun ga betul-betul konsisten mendoakan negara-negara yang telah Dia taruh, tapi belas kasihanNya tetap sama di hati ini.

Sampai beberapa tahun belakangan ini, sejak tahun 2008, saya membaca berita perang antar suku di Kenya dan Sudan. Hati saya terpaut pada Afrika. Benua yang jauh dari kemewahan dan ketenangan. Benua yang begitu dekat dengan kematian dan perpecahan. Hati saya sangat sedih, merasakan bahwa Tuhan jauh lebih sedih, merasakan bahwa Dia menangis. Bisa mengingat perasaan hati yang tersayat dan sedih. Tapi waktu itu, saya berkata pada Tuhan, saya cuman bisa berdoa Tuhan, saya ga tau harus berbuat apa untuk mereka, selain mempersembahkan lidah dan hati yang mau berdoa. Berdoa supaya Tuhan menjagai umat-umatNya dan menguatkan setiap hati mereka dalam menghadapi masa-masa yang sulit.

Kemudian, beberapa waktu ini, saya membaca buku yang berjudul "Love has a face". Seorang Michelle Perry adalah seorang wanita yang cacat, tetapi hati dan belas kasihan dari Tuhan yang menggerakan dia untuk melayani anak-anak di Sudan. Gimana dia taat sama panggilan Tuhan, saat Tuhan memanggil dia untuk pergi ke Sudan. Dan cara Tuhan memakai dia untuk menjadi ibu bagi anak-anak di sana yang sebagian besar sudah tidak memiliki kerabat dekat dan orang tua akibat perang saudara yang terjadi di negara tersebut.

Oh, by the way, saya punya ketertarikan khusus terhadap Sudan, tanpa saya mengerti mengapa. Saya rindu, satu hari nanti saya punya kesempatan pergi ke sana, meskipun saya ga bisa membayangkan jika satu hari nanti Tuhan benar-benar kirim saya pergi ke sana. Haha.

Ibu bagi anak-anak muda
Ada sebuah kerinduan untuk mementor anak-anak muda yang tidak punya tujuan hidup supaya mereka bisa temukan setiap panggilanNya dalam hidup mereka. Anak-anak muda yang akan membawa perubahan di tengah-tengah dunia. Anak-anak muda yang menguasai domain-domain mereka dan hidup dalam prinsip-prinsip Kerajaan Allah. Terutama di bidang politik, saya rindu salah satu anak mentor saya dapat masuk dalam dunia pemerintahan. Dan dia bisa dikenal sebagai orang yang bebas KKN dan berpolitik dengan cara yang benar. Sekali lagi, saya ga tau gimana caraNya membawa saya. Tapi saya percaya Dia yang akan menuntun saya. Saya percaya bahwa Dia sanggup, Dia pasti sanggup.

Human developer, character trainer and consultant
Sejak SMP, saya ingin mendalami bidang psikologi. Bidang yang paling terlihat mudah, tapi sebenarnya tidak semudah yang dilihat. Saya belajar deal dengan berbagai tipe, bentuk, dan rupa orang. Yang sangat, sangat, sangat tidak mudah. Konflik dan kesalahpahaman sepertinya sudah menjadi makanan yang biasa buat saya.
Lalu, saat mengikuti ESC tahun 2006, Tuhan berbicara lewat pembina saya. Dia dapetin dua kata yaitu character trainer. Mengingat bidang ini belum banyak yang menjadikannya sebagai jurusan perkuliahan, kecuali di Inggris atau Amerika, saya memutuskan untuk menggambil psikologi dan bisnis di kampus saya sekarang.
Sedang berdoa untuk magang di tempat yang memampukan saya belajar sesuatu tentang human resources dan training. Saya beriman bahwa Tuhan akan menyediakan tempat belajar saya yang terbaik untuk saya boleh bermagang nanti. Amin!

Menulis mimpi-mimpi di atas membuat saya merasa saya tidak bisa mencapai semuanya. Kalau bukan karena Dia, saya ga mungkin sanggup. Oleh karena itu, saya serahkan semua mimpi saya ke dalam tanganNya dan melakukan yang terbaik yang Dia mau saya lakukan :)
Amin!

9 comments:

  1. gooo... neR! Tuhan yang sudah memulai pekerjaan baik di dalam kamu, Dia juga yang akan menyempurnakan! God bless u sister!

    ReplyDelete
  2. Ooh, Nerrisa! Kamu ada blog! Ahahaha ^^
    Nice writing my dear, luar biasa sekali kerinduan yang Tuhan taruh dalam hatimu. Ayo, melangkah dengan iman! He will use you to bless the nations.

    ReplyDelete
  3. @ k lia: thanks k lia. eventho I don't know you well, but ur words are encouraging me :)

    @ shella: hehehe, ada sih blog yang personal, tp memutuskan utuk di bikin private krn ga mau smua org baca. :) aminnn! dukung doa yaaaaa :)

    ReplyDelete
  4. i have the same calling like you... in mission and to be a spiritual mom! feel interrested with your life! want to see ur life really fulfill what God put in your heart! ;)

    ReplyDelete
  5. @ k lia: WOW. really k? what u do to prepare urself in a mission field? hahaha. need an advice from someone who has the same calling..ameenn! I am excited for His good works to be true in His timing.

    ReplyDelete
  6. dreamsss... jgn pernah berhenti...
    mulai ambil satu langkah utk wujudkan dream km tiap harinya... ^^

    ReplyDelete
  7. enjoy reading ur blog, dedekku...

    gua cuman mo share yah...
    last month, ketika gua lagi di gereja berdoa, Tuhan bilang kyk gini nih *kalau gua ga salah dapat*... " akan ada generasi generasi berikutnya yang bangkit seperti generasi Joshua, lihatlah, Roh kudus akan seperti api yang menjalar-jalar, kucurahkan bagi mereka..." Jadi, waktu gua baca mimpi loe, gua tiba2 ingat sama apa yang Tuhan bilang...


    nerr.. kombinasikan (mimpi + usaha+ komitmen+ konsistensi)x Tuhan (dimana saja dan kapan saja) = ur dream come true !



    p.s. susah banget yah mau komen disini. knp ga pake wordpress aja sih? dijitak !


    GBU
    Hugs
    Lin

    ReplyDelete
  8. wkwkwkwkw gampang koqq k komennya. melatih kesabaran dan ketekunan anda :)

    wew. great formula! :) thanks for reminding me :)

    deh k, saya masih jauh dari apa yang anda dapatkan. but I will pursue Him as best as I could during my youth. amennn!
    ayo sm2 smangatt di dalam Dia :)

    love yaaaaa!

    ReplyDelete