Tuesday, September 21, 2010

21/10/2010

Dua minggu belakangan ini lagi dilanda virus kemalasan. Kemalasan yang berujung kepada penundaan tugas-tugas kuliah. Mengorbankan hal-hal yang penting dengan hal-hal yang tidak penting. Terlalu lama bermain bejeweled blitz supaya bisa mencapai high score *pengakuan*. Malas saat teduh, malas doa, malas cari jurnal utk tugas, males revision, dan bahkan malas bangun dari tempat tidur.

Terus dari kemarin terngiang-ngiang sebuah kalimat simpel tapi menohok hati: "Dimana hartamu berada, disitu hatimu berada." Kali ini konteks harta yang dimaksud adalah waktu. YEP! Waktu adalah harta yang berharga buat saya terutama beberapa minggu ini sampai beberapa minggu ke depan. Waktu yang banyak saya boroskan untuk hal-hal tidak penting. Dan membuat hati saya terpaut di sana.

Hari ini, pas kubu doa komsel, kembali diingetin statement yang sama. Hmm. Saya tersadar. Saya menyesal dan mulai berkomitmen lagi untuk menaruh harta saya di tempat yang saya mau hati saya berada. Di dalam Dia, harta abadi yang ga akan termakan oleh ngengat ataupun karat.

Terus, dapatin sesuatu dari Keluaran 32 di mana bangsa Israel disuruh menantikan Musa yang sedang naik ke gunung Sinai. Mereka tidak menantikan kedatangan Musa, tidak menantikan suara Tuhan dinyatakan kepada Musa, tapi mereka malah membuat anak lembu emas untuk disembah. Seringkali, saya berdoa dan menantikan suaraNya dinyatakan. Tetapi begitu perasaan saya berkata, hmm, sepertinya Tuhan tidak menjawab doa saya. Saya mulai berpaling dari Dia, mulai mencari "kesenangan" saya untuk melupakan doa-doa saya. Mencari berhala lain untuk menggantikan suara Dia. Ternyata saya tidak jauh berbeda dengan bangsa Israel, bedanya mungkin hanya pada berhala yang disembah. Persamaannya, sama-sama TIDAK SABAR menanti-nantikan Dia!

Yep, belajar bersabar sama janjiNya, sama suaraNya, sama setiap jawaban-jawaban doa yang saya naikkan. Sabar dan tidak henti-hentinya mencari wajah Dia dan kehendakNya.
Sabar karena Dia telah memberikan saya damai sejahtera yang melampaui segala akal (dan pikiran, kekuatiran, keraguan saya).


Dan kemarin juga, diingatkan untuk punya kekuatan dan keteguhan hati sewaktu saya membaca Yosua 1. Ada 4 kali kata KUATKAN DAN TEGUHKANLAH HATIMU di Yosua 1. Itu berarti penting sekali punya hati yang KUAT DAN TEGUH. Nah sekarang masalahnya, bagaimana punya hati seperti itu? Caranya dengan tinggal dalam Dia dan FirmanNya, dan diperlengkapi dengan senjata Allah. Itu yang menjadikan kita KUAT dan TEGUH menghadapi berbagai ombak dan cobaan dalam kehidupan kita serta terus berpengharapan dalam Dia.

Teach me, o LORD to wait for You, to wait on You!
Teach me, o Lord, to set my mind on things above, not on things on the earth! (Colossians 3:2)

5 comments:

  1. huakakaka... koq isa sama sih, de?
    aku juga sempat ngerasa bosan ama rutinitas hari2 maren.. tiap hari itu perlu berjuang untuk bangkit dari hawa malesss.. yg didasari ama kejenuhan sebenernya.. hehehe..

    tp aku temukan kuncinya hari-hari ini.. memang harus terus berjuang sampai MENANG!!!
    tp yg pasti, deket ama Babe yg bikin kita feel free... spt my last posting, Be StiLL... miliki kualitas meditasi yg the BEST. hehehe.. ciayo yahh!!!!

    ReplyDelete
  2. hahaha u know what k. sayaa barusan baca postingan muu. dan ternyata SAMA!
    soal spend waktu lebih sma Tuhan. WKWKWKWKW. hebat2 sehatinya kitaa.

    BETUL! berjuanggggggg mengalahkan kemalasan! ihiy! :) smangat jg k!

    ReplyDelete
  3. hehehe... aku juga samaan ner, malesss tapi gara-gara hamil, pengennya baringan terus, tiduran terus. kemaren sempet ngedumel... susah adaptasi sama makanan thai, eneq banget kalo nyium2 yang strong smell gitu. Tapi hari ini, tadi pagi, aku AMBIL KEPUTUSAN, buat bsukacita di dalam Tuhan, no matter what! trus aku nyembah Tuhan, doa, nyanyi, bahasa roh..... 45 menitan.... trus brasa ada yang plong gitu di spirit... yuk kita terus terobos setiap tembok2 yang membatasi kita btumbuh dalam pengenalan akan Tuhan! ciayooooo nerrrrr!

    ReplyDelete
  4. @Nerr : huakakakaka... kayakna seringan sehati neh... mirip2 gituu...

    @Lia : Li.. congratz yaa... dah hamil brapa bln?

    ReplyDelete
  5. @ k Lia: iyaa k! betulll, harus terus semangatttt!! we'll never be disappointed when we are expecting from Him :)

    @ k nov: hahaha, SAMAAN muluuuu neh. wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete